Senin, 05 Mei 2014

Analisis Kinerja laporan keuangan pada PT Matahari Departement Store. Tbk dan Metro AG tahun 2012

AKUNTANSI INTERNASIONAL

ANALISIS KINERJA LAPORAN KEUANGAN PADA
PT MATAHARI DEPARTEMENT STORE TBK DAN METRO AG
TAHUN 2012

Disusun oleh
4EB13
ANANDA PUTRI AULIA   20210634
AWIKA BAHANI                 21210236
IMAS MASTUROH              23210481
INDRI NOVITASARI          23210538
MOCHAMMAD HAFIZH    24210439
FAKULTAS EKONOMI
UNIVERSITAS GUNADARMA
JAKARTA
2014
BAB I
PENDAHULUAN
1.1              Latar Belakang
Bidang keuangan merupakan bidang yang sangat penting dalam suatu perusahaan. Banyak perusahaan yang berskala besar atau klecil, akan mempunyai perhatian besar di bidang keuangan, terutama dalam perkembangan dunia usaha yang semakin maju, persaingan antara satu perusahaan dengan perusahaan lainnya semakin ketat, belum lagi kondisi perekonomian yang tidak menentu meneyebabkan banyaknya perusahaan yang mengalami kebangkrutan. Oleh karena itu, agar perusahaan dapat bertahan dan dapat berkembang, perusahaan harus mencermati kondisi dan kinerja perusahaan. Untuk mengetahui denga tepat bagaimana kondisi dan kinerja perusahaan maka diperlukan suatu analisi yang tepat.
Media yang tepat dipakai untuk menilai kinerja perusaan adalah laporan keuangan. Laporan keuangan merupakan hasil pengumpulan dan pengolahan data keuangan yang disajikan dalam bentuk laporan keuangan atau ikhtisar lainnya yang sehingga dapat digunakan untuk membantu  para pemakai di dalam menilai kinerja perusahaan sehingga dapat mengambil keputusan yang tepat. Laporan keuangan digunakan oleh manajer untuk meningkatan kinerja, oleh kreditor untuk mengevaluasi kemungkinan dibayarnya pinjaman, dan oleh pemegang saham untuk meramalkan laba , dividen, dan harga saham.
Untuk menilai kinerja perusahaan, diperlukan beberapa tolok ukur. Tolok ukur yang sering digunakan adalah rasio atau indeks, yang mnghubungkan dua data keuangan yang satu dengan yang lainnya. Analisis dan intreprestasi dari macam-macam rasio dapat memberikan pandangan yang lebih baik tentang kinerja perusahaan dibandingkan analisi yang hanya didasarkan atas data keuangan sendiri-sendiri yang tidak berbentuk rasio.
Analisis laporan keuangan akan lebih tajam apabila angka-angka keuangan dibandingkan dengan standar tertentu. Standar tersebut dapat berupa, standar internal yang ditetapkan manajemen, perbandingan historis atau membandingkan angka-angka keuangan dengan angka-angka masa sebelumnya, pembandingan dengan perusahaan atau industry sejenis. Tanpa perbandingan, tidak akan diketahui apakah kinerja suatu perusahaan menunjukkan perbaikan atau menunjukkan penurunan.
PT Matahari Departement store Tbk adalah perusahaan ritel terbesar di Indonesia yang bergerak dalam usaha jaringan toko serba ada yang menyediakan berbagai macam barang seperti pakaian, aksesoris, tas, sepatu, kosmetik dan kebutuhan rumah tangga lain yang mulai berdiri sejak tahun 1958.
PT Matahari Departement Store Tbk menjalin hubungan baik dengan entitas-entitas manufaktur di Indonesia. didukung oleh lebih dari 1200 entitas manufaktur Indonesia, yang memberi kontribusi lebih dari 95% produk yang dijual. Seiring dengan pertumbuhan dan kemajuannya, para pemasok juga turut tumbuh dan berjaya.
Selain di Indonesia, kami akan bandingkan dengan salah satu peritel terbesar di negara lain. Kami memilih sampel dari negara Jerman. Metro AG, atau dikenal sebagai Metro Group, adalah salah satu perusahaan Jerman yang terdiversifikasi eceran dan grosir / cash and carry yang berbasis di Düsseldorf. Metro AG memiliki pangsa pasar terbesar di pasar dalam negeri, dan merupakan salah satu perusahaan ritel dan grosir yang paling global. Metro AG adalah peritel terbesar kelima di dunia diukur dengan pendapatan (setelah Wal-Mart, Carrefour, Tesco dan Kroger) dan didirikan pada tahun 1964 oleh Otto Beisheim.
Berdasarkan uraian di atas, maka kami akan membandingkan kinerja dari kedua peritel tersebut dalam makalah yang berjudul Analisis Kinerja laporan keuangan pada PT Matahari Departement Store. Tbk dan Metro AG tahun 2012
1.2              Rumusan Masalah
1.      Bagaimana kinerja keuangan dari PT Matahari Departement Store Tbk?
2.      Bagaimana kinerja keuangan dari Metro AG?
3.      Bagaiamana perbandingan kinerja keuangan dari PT Matahari Departement Store dengan Metro AG?
1.3              Batasan Masalah
Adapun dalam penulisan ini penulis hanya akan menganalisis laporan keuangan periode 1 Januari – 31 Desember 2012.
1.4              Tujuan Masalah
1.      Untuk mengetahui kinerja keuangan dari PT Matahari Departemen Store Tbk
2.      Untuk mengetahui kinerja keuangan dari Metro AG.
3.      Untuk mengetahui perbandingan kinerja keuangan dari PT Matahari Departement Store dengan Metro AG


Kerangka Pemikiran 
Penulis akan menganalisis Laporan Keuangan untuk mengetahui kinerja perusahaan berdasarkan laporan keuangan yang disusun pada periode 1 Januari -31 Desember 2012. Analisis yang akan dilakukan terdiri dari 3 jenis analisis, yaitu:
  1. Rasio Profitabilitas
  2. Rasio Likuiditas
  3. Rasio Penilaian Pasar

Tidak ada komentar:

Posting Komentar