Selasa, 25 Januari 2011

sekilas tentang PEMASARAN

1.      Apakah yang dimaksud dengan fungsi pemasaran universal ,  Jelaskan dengan memberikan contoh nyata kegiatan pemasaran suatu produk / jasa tertentu!
Jawab :
Fungsi pemasaran universal adalah kegiatan-kegiatan fungsional yang dilakukan oleh  pemasar dalam  kegiatan pemasarannya.  Fungsi pemasaran tersebut meliputi : pembelian , penjualan, pengiriman, penyimpanan, standarisasi, dan klasifikasi, pembungkusan, penanggungan resiko, pendanaan dan pengendalian informasi  pemasaran (misalnya periklanan).  Setiap pemasar akan membutuhkan semua /seluruh kegiatan tersebut, meskipun tidak semua kegiatan tersebut harus dilakukan/ditindak sendiri. Organisasi lain dapat melakukan kegiatan tersebut secara independen untuk kepentingan perusahaan.
Contoh nyata kegiatannya :
            Misalnya pada proses standardisasi kita ambil contoh produk helm.  Pemerintah melakukan standardisasi helm ber-SNI sebagai standar keamanan helm di Indonesia.

2.      Apakah yang dimaksud dengan pola pengaruh system lingkungan pemasaran,  Jelaskan dengan memberikan contoh pengaruh perubahan salah satu factor lingkungan pemasaran terhadap kegiatan pemasaran suatu produk/jasa !
Jawab :
Pola pengaruh system lingkungan pemasaran adalah interaksi antara lingkungan internal dan lingkungan eksternal pemasaran mempunyai keterkaitan terhadap tujuan maupun strategi pemasaran.  Analisis terhadap lingkungan eksternal dapat menjelaskan adanya peluang dan ancaman bagi organisasi perusahaan.  Analisis terhadap lingkungan internal dapat memperlihatkan kekuatan dan kelemahanorganisasi.
Peluang pemasaran perlu dimanfaatkan dan hambatan pemasaran perlu diatasi.  Kekuatan organisasi perlu dipergunakan untuk memanfaatkan peluang atau mengatasi hambatan lingkungannya.  Kelemahan organisai perlu dikompensasi sehingga perusahaan mampu menghadapi lingkungannya.  Berdsarkan analisil peluang/ancaman maupun kekuatan/kelemahan tersebut perusahaan dapat menentukan tujuan pemasaran yang dapat merupakan sasarannya.  Sehingga secara pencapaian tujuan atau strategi-strategi pemasaran dapat dirumuskan dan dikembangkan untuk pedomankegiatan pemasaran berikutnya.
Contoh nyata kegiatannya :
            Contohnya pada persaingan pemasaran produk kopi ABC SUSU.  Dipasaran banyak bermunculan kopi-kopi merk baru dengan berbagai varian. Produsen kopi ABC SUSU menganggap hal tersebut sebagai ancaman terhadap prokduknya. Oleh karena itu, pihak produsen mengadakan undian berhadiah untuk lebih menarik konsumen dan meninggkatkan penjualannya.

3.      Apakah yang dimaksud dengan pasar dan perilaku pasar konsumen, Jelaskan dengan memberikan contoh kegiatan pemasaran produk/jasa yang nyata!
Jawab :
Pasar (secara umum) adalah tempat pertemuan antara pembeli dan penjual.  Sedangkan “Pasar” menurut pemasaran adalah kelompok individual (perorangan maupun organisasi) yang mempunyai permintaan terhadap barang tertentu, berdaya  beli, dan berniat merealisasikan pembelian tersebut.
Perilaku pasar adalah pola kebiasaan pasar meliputi proses (mental) pengambilan keputusan secara kegiatan  fisik  individual atau organisasional terhadap produk tertentu, konsisten selama periode waktu tertentu.
Pasar konsumen adalah kelompok individual  (perorangan maupun rumah tangga) yang membeli dan mengkonsumsi barang atau jasa untuk kepentingan pribadi maupun keluarganya, tidak untuk maksud lain.
Contoh kegiatan nyata :
seseorang  membutuhkan alat transportasi untuk mencapai tempat kerjanya yang cukup jauh, akhirnya dia memutuskan untuk membeli motor merk Honda. Dia memilih motor Honda karena ia yakin kualitas motor Honda sudah tidak diragukan lagi, keunggulan lain motor Honda selain hemat bahan bakar juga untuk perawatanya tidak sulit. Karena bila terjadi keluhan ia tinggal datang ke dealer Honda yang sudah ada dimana-mana.

4.      Apakah yang dimaksud dengan proses pengambilan keputusan pembelian?
Jawab :
Proses pengambilan keputusan (untuk membeli atau tidak membeli) oleh decider  meliputi kegiatan :
a.       Perumusan permasalahan
b.      Pengumpulan informasi
c.       Pengembangan dan penilaian alternative
d.      Penentuan alternative terbaik atau pengambilan keputusan, dan
e.       Kegiatan setelah keputusan diambil

5.  Apakah pengaruh perubahan salah satu factor lingkungan terhadap kegiatan pemasarn suatu produk atau jasa tertentu, jelaskan dengan skema gambar/diagram yang menunjukan kegiatan pemasaran tersebut!
Jawab :
Perubahan salah satu factor lingkungan berpengaruh pada pengambilan keputusan seseorang   untuk membeli atau tidak membeli .  Pengambilan keputusan tersebut dipengaruhi oleh factor personal dan sosialnya.  Factor personal meliputi : motivasi, persepsi, pemahaman, kepercayaan, sikap dan kepribadian seseorang.  Sedangkan faktos social meliputi : aspek kultur, subkultur, klas social, kelompok referensi, keluarga, serta peran & status seseorang dalam kehidupan kelompok.
Kehidupa personal seseorang dipengaruhi oleh lingkungan sosialnya

1 komentar:

  1. apa kaitan antara perubahan lingkungan dengan suatu strategi pemasaran...????

    BalasHapus