Kamis, 01 Desember 2011

KONSEP DAN ALIRAN KOPERASI


1. Konsep Koperasi

  •  Barat
Merupakan organisasi swasta yang dibentuk secara sukarela oleh orang-orang yng mempunya kesamaan kepentingan, untuk mengurus kepentingan anggotanya dan menciptakan keuntungan timbal balik bagi anggota dan koperasinya.

  • Sosialis
Kopersi direncanakan dan dikendalikan oleh pemerintah dan dibentuk dengan tujuan merasionalkan produksi  untuk menunjang perencanaan nasional .
Merupakan sub-sistem sosialisme-komunis (kepemilikan factor produksi adalah kolektif)
  
  •   Negara berkembang
Koperasi didominasi campur tangan pemerintah dalam pembinaan dan pengembangannya.
Bertujuan untuk Meningkatkan kesejahteraan anggotanya


2. Latar Belakang Aliran Koperasi

Selalu ada yang mendasari dari segala sesuatu, contoh yang kita bahas sekarang. Dari beberapa konsep koperasi maka timbul beberapa pendapat dan pikiran yang berbeda dan menimbulkan aliran koperasi. Dan hal yang melatarbelakangi aliran koperasi adalah Keterkaitan Ideologi dan Sistem Perekonomian

 Keterkaitan Ideologi
Mengapa hal ini mengakibatkan perbedaan aliran, sudah jelas bahwa setiap Negara mempunyai ideology yang berbeda, ideology adalah dasar dari Negara tersebut, contoh Negara Indonesia dengan ideology pancasilanya berbeda dengan Negara-negara lain. Contoh lain seperti Liberalisme / Kapitalisme, Komunisme / Sosialisme
 
            Sistem Perekonomian 
Mengapa hal ini juga mengakibatkan perbedaan aliran, dengan ideologi yang berbeda otomatik siste perekonomian suatu negara akan berbeda pula. Contoh sistem perekonomian seperti Sistem Ekonomi Bebas Liberal, Sistem Ekonomi Sosialis, Sistem Ekonomi Campuran.

Dari kedua latar belakang koperasi timbul beberapa aliran koperasi seperti di bawah ini :
  • Aliran Yardstick
Aliran pada negara-negara yang berideologi kapitalis atau dengan sistem perekonomian liberal. Koperasi menjadi kekuatan untuk mengimbangi, menetralisasikan, dan mengoreksi berbagai keburukan yang ditimbulkan oleh system kapitalisme. Aliran ini sadar bahwa organisasi koperasi sebenarnya kurang berperan penting dalam masyarakat, khususnya dalam system dan struktur perekonomiannya. Pengaruh aliran ini cukup kuat, terutama di negara-negara barat dimana industri berkembang dengan pesat dibawah system kapitalisme.

  • Aliran Sosialis
Menurut aliran ini, koperasi dipandang sebagai alat yang paling efektif untuk mencapai kesejahteraan masyarakat, di samping itu menyatukan rakyat lebih mudah melalui organisasi koperasi. Pengaruh aliran ini banyak dijumpai di negara-negara Eropa Timur dan Rusia.

  • Aliran persemakmuran
Aliran persemakmuran (Comminwealth) memandang koperasi sebagai  alat yang efisieen dan efektif dalam meningkatkan kualitas ekonomi masyarakat.
Pemerintah dan gerakan koperasi memiliki hubungan kemitraan (partnerhip)dimana pemerintah bertanggung jawab terhadap iklim pertumbuhan koperasi.


SUMBER :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar