Selasa, 25 Januari 2011

sekilas tentang PEMASARAN

1.      Apakah yang dimaksud dengan fungsi pemasaran universal ,  Jelaskan dengan memberikan contoh nyata kegiatan pemasaran suatu produk / jasa tertentu!
Jawab :
Fungsi pemasaran universal adalah kegiatan-kegiatan fungsional yang dilakukan oleh  pemasar dalam  kegiatan pemasarannya.  Fungsi pemasaran tersebut meliputi : pembelian , penjualan, pengiriman, penyimpanan, standarisasi, dan klasifikasi, pembungkusan, penanggungan resiko, pendanaan dan pengendalian informasi  pemasaran (misalnya periklanan).  Setiap pemasar akan membutuhkan semua /seluruh kegiatan tersebut, meskipun tidak semua kegiatan tersebut harus dilakukan/ditindak sendiri. Organisasi lain dapat melakukan kegiatan tersebut secara independen untuk kepentingan perusahaan.
Contoh nyata kegiatannya :
            Misalnya pada proses standardisasi kita ambil contoh produk helm.  Pemerintah melakukan standardisasi helm ber-SNI sebagai standar keamanan helm di Indonesia.

2.      Apakah yang dimaksud dengan pola pengaruh system lingkungan pemasaran,  Jelaskan dengan memberikan contoh pengaruh perubahan salah satu factor lingkungan pemasaran terhadap kegiatan pemasaran suatu produk/jasa !
Jawab :
Pola pengaruh system lingkungan pemasaran adalah interaksi antara lingkungan internal dan lingkungan eksternal pemasaran mempunyai keterkaitan terhadap tujuan maupun strategi pemasaran.  Analisis terhadap lingkungan eksternal dapat menjelaskan adanya peluang dan ancaman bagi organisasi perusahaan.  Analisis terhadap lingkungan internal dapat memperlihatkan kekuatan dan kelemahanorganisasi.
Peluang pemasaran perlu dimanfaatkan dan hambatan pemasaran perlu diatasi.  Kekuatan organisasi perlu dipergunakan untuk memanfaatkan peluang atau mengatasi hambatan lingkungannya.  Kelemahan organisai perlu dikompensasi sehingga perusahaan mampu menghadapi lingkungannya.  Berdsarkan analisil peluang/ancaman maupun kekuatan/kelemahan tersebut perusahaan dapat menentukan tujuan pemasaran yang dapat merupakan sasarannya.  Sehingga secara pencapaian tujuan atau strategi-strategi pemasaran dapat dirumuskan dan dikembangkan untuk pedomankegiatan pemasaran berikutnya.
Contoh nyata kegiatannya :
            Contohnya pada persaingan pemasaran produk kopi ABC SUSU.  Dipasaran banyak bermunculan kopi-kopi merk baru dengan berbagai varian. Produsen kopi ABC SUSU menganggap hal tersebut sebagai ancaman terhadap prokduknya. Oleh karena itu, pihak produsen mengadakan undian berhadiah untuk lebih menarik konsumen dan meninggkatkan penjualannya.

3.      Apakah yang dimaksud dengan pasar dan perilaku pasar konsumen, Jelaskan dengan memberikan contoh kegiatan pemasaran produk/jasa yang nyata!
Jawab :
Pasar (secara umum) adalah tempat pertemuan antara pembeli dan penjual.  Sedangkan “Pasar” menurut pemasaran adalah kelompok individual (perorangan maupun organisasi) yang mempunyai permintaan terhadap barang tertentu, berdaya  beli, dan berniat merealisasikan pembelian tersebut.
Perilaku pasar adalah pola kebiasaan pasar meliputi proses (mental) pengambilan keputusan secara kegiatan  fisik  individual atau organisasional terhadap produk tertentu, konsisten selama periode waktu tertentu.
Pasar konsumen adalah kelompok individual  (perorangan maupun rumah tangga) yang membeli dan mengkonsumsi barang atau jasa untuk kepentingan pribadi maupun keluarganya, tidak untuk maksud lain.
Contoh kegiatan nyata :
seseorang  membutuhkan alat transportasi untuk mencapai tempat kerjanya yang cukup jauh, akhirnya dia memutuskan untuk membeli motor merk Honda. Dia memilih motor Honda karena ia yakin kualitas motor Honda sudah tidak diragukan lagi, keunggulan lain motor Honda selain hemat bahan bakar juga untuk perawatanya tidak sulit. Karena bila terjadi keluhan ia tinggal datang ke dealer Honda yang sudah ada dimana-mana.

4.      Apakah yang dimaksud dengan proses pengambilan keputusan pembelian?
Jawab :
Proses pengambilan keputusan (untuk membeli atau tidak membeli) oleh decider  meliputi kegiatan :
a.       Perumusan permasalahan
b.      Pengumpulan informasi
c.       Pengembangan dan penilaian alternative
d.      Penentuan alternative terbaik atau pengambilan keputusan, dan
e.       Kegiatan setelah keputusan diambil

5.  Apakah pengaruh perubahan salah satu factor lingkungan terhadap kegiatan pemasarn suatu produk atau jasa tertentu, jelaskan dengan skema gambar/diagram yang menunjukan kegiatan pemasaran tersebut!
Jawab :
Perubahan salah satu factor lingkungan berpengaruh pada pengambilan keputusan seseorang   untuk membeli atau tidak membeli .  Pengambilan keputusan tersebut dipengaruhi oleh factor personal dan sosialnya.  Factor personal meliputi : motivasi, persepsi, pemahaman, kepercayaan, sikap dan kepribadian seseorang.  Sedangkan faktos social meliputi : aspek kultur, subkultur, klas social, kelompok referensi, keluarga, serta peran & status seseorang dalam kehidupan kelompok.
Kehidupa personal seseorang dipengaruhi oleh lingkungan sosialnya

Internet louge universitas Gunadarma

Gunadarma adalah universitas yang berbasis teknologi, mahasiswa diberikan kemudahan dalam mengakses berbagai kepentingan lewat internet. Selain tersedianya layanan online pihak kampus juga menyediakan fasilitas hotspot dan internet louge.

internet Lounge adalah ruang yang dapat digunakan oleh mahasiswa untuk akses internet secara gratis. Fasilitas ini terdapat di kampus D, kampus E dan kampus J. Fasilitas ini dapat digunakan mahasiswa dengan menunjukkan Kartu Mahasiswa dan sebelumnya mahasiswa tersebut sudah mengaktifkan studentsite. Tiap lounge berisi 20 terminal dan pemakaiannya dibatasi maksimal 20 menit untuk tiap user. Selama berada di lounge, mahasiswa wajib mentaati tata tertib yang telah ditentukan. Universitas Gunadarma juga memberi fasilitas HotSpot kepada mahasiswa dengan menggunakan account Studentsite sebagai medianya.                                                                                       
         
Penggunaan Internet Lounge
  1. Mahasiswa melakukan registrasi ke petugas administrator Internet Lounge dengan menyerahkan KTM sebagai Mahasiswa aktif;
  2. Aktifitas Internet Lounge yang dapat dilakukan adalah browsing;
  3. Tidak diperbolehkan mengunjungi situs PORNO, Chatting dan Game Online;
  4. Selama di ruangan Internet Lounge tidak diperbolehkan makan dan minum;
  5. Aktifasi penggunaan Internet Lounge setiap mahasiswa di batasi selama 20 menit per hari;
  6. Tidak diperbolehkan meng-copy file dari computer client;
  7. Maksimum 1 mahasiswa setiap komputer client internet lounge;
  8. Selama berada diruangan mahasiswa menitipkan barang (tas) ke admistrator dan saat keluar dari ruangan dapat mengambil kembali.                                                       


sumber:

kebodohan ataukah pengorbanan

Mencintaimu bukanlah sebuah alasan aku harus mengalah pada keadaan
mencintaimu tak lg seperti dulu menangis sebab hati trsayat oleh wanita2 yg menyentuhmu
mencintaimu merupakan bahagia dr sejak lama aku brsabar
sebab cinta membutuhkan pengorbanan
mencintaimu adalah kekuatan terbesar dalam hidup berharap mimpi2 itu dapat trwujud
mencintaimu tak akan brakhir bhagia sebab aku tak mmpunyai itu yg ku punya adalah mencintaimu tiada akhir

aku bermimpi menjadi seorang bidadari yg paling cantik dlm hidupmu
memberikanmu selimut
menenangkan jiwamu saat engkau kelelahan
lalu bidadari itu menyanyikan sebuah lagu agar engkau tertidur dan bermimpi tentangnya,
tentang aku

sahabat

Sahabat..
jika engkau adalah aku maka aku akan merasakan hangatnya air matamu.
sahabat..
setitik airpun mampu mencipta pelangi yg indah dlangit.
menggantung liar dan tersenyum memanja.

sahabat..
lihatlah 2 insan itu brlari telanjang kaki d atas pasir pantai yg indah.
mereka berdendang mengayunkan kaki menyanyi dan menari.
mereka layaknya sepasang kekasih dimabuk asmara.
tapi lihat mereka kni layak 2 buah roda yg tRpisah.

sahabat..
berkali kuhantar suratku saat engkau diperantauan.
tak datang bhkan tak kembali.
engkau dmana??
arus kehidupan yg membawamu brpetualang.

sahabat..
coba engkau maknai suratku dan lihat didalamnya trselip 2 bunga indah merona saat kita memakai putih biru..bunga itu adalah aku dan engkau.

sahabat..
kini engkau dtang dihadapku menatapku dalam.
terlihat air yg bergelombang dipelupuk matamu
engkau tak berubah.
bukan blasan surat yg kau hantar
bukan jg undangan pernikahan
engkau menuntun siigadis mungil dan lelaki gagah menggandengmu
aku memelukmu pilu

Minggu, 09 Januari 2011

layanan online Staffsite universitas Gunadarma

      Universitas Gunadarma memberi berbagai kemudahan bagi para mahasiswanya dalam berbagai hal.  Contohnya saja dengan tersedianya berbagai layanan online yang yang memudahkan kegiatan mahasiswa, karena dapat diakses dimana saja dengan mudah dan cepat melalui internet. Salah satu contoh kemudahan tersebut adalah layanan staffsite gunadarma. Semua dosen dan staff gunadarma yang mempunyai account di site tersebut dapat di akses oleh mahasiswa, jadi apabila mahasiswa mempunyai pertanyaan atau ingin berhubungan langsung dengan dosen atau hanya sekedar ingin mengetahui profile dosen/staff gunadarma dan men-download materi dapat mengakses layanan ini. Karena di dalamnya terdapat info lengkap dari mulai riwayat hidup sampai alamat e-mail dosen yang bersangkutan.  Kita hanya tinggal klik  http://staffsite.gunadarma.ac.id/ kita dapat  mengakses info tentang staff/dosen dengan mudah. Berikut sedikit ulasan tentang layanan Staffsite universitas Gunadarma.

Berikut adalah tampilan yang akan muncul ketika kita mengklik link http://staffsite.gunadarma.ac.id/


Dapat di lihat dari tampilan tersebut  terdapat  menu “search by name”, kita tinggal mengetikan nama staff/dosen yang dimaksud dan klik“search”.
  • contoh : bila kita akan mencari info tentang ibu Titi Nugrahaeni dengan langkah sbb:
    1.       Ketik nama yang di maksud ( Titi Nugrahaeni ) pada menu  “search by name” lalu klik “search
    2.       Bila kita tidak mengetahui nama jelas dari orang yang dimaksud dapat mengetikan nama pendeknya lalu klik “search” akan muncul list nama yang berhubungan dengan keyword yang kita ketik.

    3.       Bila sudah menemukan nama yang dituju, tinggal klik ” homesite“ pada nama yang dituju, dan akan muncul informasi tentang orang tersebut, seperti gambar dibawah ini

    4.       Atau bila ingin melihat seluruh list nama staff/dosen tinggal klik “to view of staff click here”dan akan muncul list nama dari mulai abjad A-Z

Sabtu, 08 Januari 2011

ALUR PEMROSESAN DATA


MAKALAH 
Alur Pemrosesan Data Pada Komputer
mata kuliah " Pengantar Komputer & TI "





Universitas Gunadarma
By: indri novitasari









KATA PENGANTAR

Puji syukur penulis penjatkan kehadirat Alloh SWT, yang atas rahmat-Nya maka penulis dapat menyelesaikan penyusunan makalah ini dengan baik dan lancar.
Makalah yang berjudul “Alur Pemrosesan Data”  ini bertujuan untuk memenuhi tugas dan memberikan sedikit informasi tentang masalah alur pemrosesan data pada komputer kepada para pembaca.
Penulis menyadari masih banyak sekali kekurangn dalam makalah ini, “Tak Ada Gading Yang Tak Retak” maka dari itu penyusun menerima kritik dan saran yang membangun demi perbaikan makalah ini. Semoga makalah ini dapat menjadi makalah yang bermanfaat.




Penulis,







DAFTAR ISI

KATA PENGANTAR
DAFTAR ISI
BAB I PENDAHULUAN
1.1              Latar balakang
1.2              Rumusan masalah
1.3              Tujuan penulisan
1.4              Manfaat penulisan


BAB II ISI
2.1       Alur pemrosesan data
2.2       Cara kerja komputer
2.3       kecepatan pemrosesan data
2.4       Faktor yang mempengaruhi kecepata proses data
 

BAB III PENUTUP

3.1       Kesimpulan
3.2       Referensi





BAB I
PENDAHULUAN

1.1   Latar belakang masalah

Di era globalisasi sekarang ini, kita membutuhkan suatu peralatan yang mendukung kinerja dan efektivitas waktu. Banyak perangkat yang biasa kita gunakan dahulu dianggap sebagai kebutuhan sekunder bahkan tersier, sekarang menjadi kebutuhan primer. Salah satunya adalah komputer. Saat ini, hampir semua orang memiliki computer.  Tapi apakah dengan memiliki computer kita sudah mengetahui komponen apa saja yg terdapat didalamnya, atau pun proses kerja computer ?

1.2   Rumuasan masalah

1.      Bagaimanakan alur pemrosesan data
2.      Cara kerja komputer
3.      Kecepatan proses data
4.      factor yang mempengaruhi kecepatan data

1.3  Tujuan penulisan

1.      Untuk mengetahui alur pemrosesan data
2.      Untuk mengetahuicara kerja komputer
3.      Untuk mengetahui kecepata proses data
4.      Untuk mengetahui factor yang mempengaruhi kecepatan data

1.4  Manfaat  penulisan

1.      Dapat mengetahui alur pemrosesan data
2.      Dapat mengetahui cara kerja komputer
3.      Dapat mengetahui kecepatan proses data
4.      Dapat mengetahui factor yang mempengaruhi kecepatan data






BAB II
ISI

2.1    Alur pemrosesan data
Input >>> i/o >>> proses >>> memori >>> storage >>> memori >>> proses >>> i/o >>> output
Keterangan:
Input : data yang akan di proses atau dibuat.
I/O : Input / Output.
Proses : Pengolahan data yang dimasukkan.
Memori : Tempat menyimpan data sementara pada saat data diproses.
Storage : Tempat menyimpan data secara permanen seteah diproses.
Output : Hasil dari proses yang berupa tampilan, suara, cetakan.

Sistem komputer memiliki siklus pengolahan yang pasti. Siklus pengolahan itu sendiri mengacu kepada makna dari arti komputer itu sendiri. Ada tiga pokok dalam siklus pengolahan data dengan menggunakan komputer tersebut, yaitu input, proses, dan output. Sedangkan untuk proses sendiri, pemroses dibantu oleh beberapa bagian lain, yaitu program serta penyimpan (storage). Input Merupakan aktifitas pemberian data kepada komputer, dimana data tersebut merupakan masukan bagi komputer. Agar data dapat diterima oleh komputer dengan baik, komputer memiliki peralatan yang berfungsi untuk hal ini, yang disebut dengan input device .  Pada komputer, input device ini juga bermacam-macam, tergantung bagaimana proses input tersebut dilaksanakan. Bermacam-macam input device yang digunakan oleh komputer, contohnya adalah keyboard untuk mengetikkan informasi, pembaca kode batang pada transaksi di supermarket, kamera untuk menangkap gambar, dan lain sebagainya. Masukan yang didapatkan oleh input device tersebut informasinya dikirimkan ke pemroses (otaknya komputer) untuk diproses lebih lanjut, diabaikan atau informasi tersebut disimpan dalam media penyimpanan. Proses Setiap masukan yang disampaikan kepada komputer akan masuk ke pemroses, pemroses ini dikenal juga dengan nama processor . Pemroses ini bisa disebut dengan otaknya komputer. Pemroses ini akan menentukan akan diapakan informasi yang masuk tersebut. Jika diolah lebih lanjut, maka data tersebut diolah sesuai dengan ketentuan yang telah disusun sedemikian kedalam otak komputer. Ketentuan yang telah disusun ini adalah instruction set. Instruction set ini merupakan format baku perintah yang dapat dilaksanakan oleh pemroses. Pemroses memiliki hubungan dengan media input, program, storage serta media output. Masing-masing akan dikontak oleh pemroses sesuai dengan tugasnya masing-masing. Pemroses ini hanya berfungsi untuk menjalankan perintah yang diterimanya dari program. Tindak lanjut dari masing-masing perintah, katakanlah menampilkan data terebut ke monitor atau ke printer, maka pemroses akan mengirimkan lagi hasil olahannya ke media yang dituju. Dengan mengirimkan data ke media yang dituju, maka berarti pemroses menyerahkan tugasnya kepada media tersebut sambil mengirimkan data-data yang diperlukan oleh media yang dituju serta instruksi yang diminta untuk dilaksanakan oleh media yang dituju itu tadi. Bus Bus merupakan jalur penghubung antar alat pada komputer yang digunakan sebagai media dalam proses melewatkan data pada suatu proses. Bus ini bisa dianggap sebagai sebuah pipa, dimana pipa atau saluran tersebut digunakan untuk mengirimkan dan menerima informasi antar alat yang dihubungkannya. Pada sistem komputer, bus ini termasuk perangkat internal, kecepatan pengiriman informasi melalui bus ini dilakukan dengan kecepatan tinggi. Program Program merupakan kumpulan instruction set yang akan dijalankan oleh pemroses, yaitu berupa software. Bagaimana sebuah sistem komputer berpikir diatur oleh program ini. Program inilah yang mengendalikan semua aktifitas yang ada pada pemroses. Program berisi konstruksi logika yang dibuat oleh manusia, dan sudah diterjemahkan ke dalam bahasa mesin sesuai dengan format yang ada pada instruction set. Storage Dalam menjalankan proses, selain proses diatur oleh program, pemroses juga memiliki akses ke media penyimpan yang disebut dengan storage. Storage ini berfungsi untuk menyimpan berbagai informasi yang dibutuhkan untuk menjalankan fungsi pemroses, baik untuk penyimpan sementara maupun untuk jangka panjang. Pemroses melakukan tugasnya sesuai dengan kendali yang ada pada program. Proses untuk mengambil data atau menyimpan data pada storage ini dilaksanakan oleh pemroses sesuai dengan perintah yang diterima pemroses dari program yang sedang ia jalankan. Output Merupakan aktifitas menerima data dari hasil pengolahan pada bagian pemroses. Jika terdapat data pada aktifitas output ini, berarti pemroses menyerakan tugas selanjutnya kepada bagian ini. Tentu saja pada bagian ini diperlukan juga peralatan yang bekerja, dimana peralatan terebut disebut dengan output device.   Pada komputer contoh output device ini adalah printer (pencetak). Ketika data output dari pemroses diterimanya maka printer akan melaksanakan tugas yang diterima dari pemroses tadi.

2.2  Cara Kerja computer

  • memori

Di sistem ini, memori adalah urutan byte yang dinomori (seperti "sel" atau "lubang burung dara"), masing-masing berisi sepotong kecil informasi. Informasi ini mungkin menjadi perintah untuk mengatakan pada komputer apa yang harus dilakukan. Sel mungkin berisi data yang diperlukan komputer untuk melakukan suatu perintah. Setiap slot mungkin berisi salah satu, dan apa yang sekarang menjadi data mungkin saja kemudian menjadi perintah.
Memori menyimpan berbagai bentuk informasi sebagai angka biner. Informasi yang belum berbentuk biner akan dipecahkan (encoded) dengan sejumlah instruksi yang mengubahnya menjadi sebuah angka atau urutan angka-angka. Sebagai contoh: Huruf F disimpan sebagai angka desimal 70 (atau angka biner) menggunakan salah satu metode pemecahan. Instruksi yang lebih kompleks bisa digunakan untuk menyimpan gambar, suara, video, dan berbagai macam informasi. Informasi yang bisa disimpan dalam satu sell dinamakan sebuah byte.
Secara umum, memori bisa ditulis kembali lebih jutaan kali - memori dapat diumpamakan sebagai papan tulis dan kapur yang dapat ditulis dan dihapus kembali, daripada buku tulis dengan pena yang tidak dapat dihapus.
Ukuran masing-masing sel, dan jumlah sel, berubah secara hebat dari komputer ke komputer, dan teknologi dalam pembuatan memori sudah berubah secara hebat - dari relay elektromekanik, ke tabung yang diisi dengan air raksa (dan kemudian pegas) di mana pulsa akustik terbentuk, sampai matriks magnet permanen, ke setiap transistor, ke sirkuit terpadu dengan jutaan transistor di atas satu chip silikon.

  • pemrosesan (CPU)

Unit Pengolah Pusat atau CPU berperanan untuk memproses arahan, melaksanakan pengiraan dan menguruskan laluan informasi menerusi system komputer. Unit atau peranti pemprosesan juga akan berkomunikasi dengan peranti input , output dan storan bagi melaksanakan arahan-arahan berkaitan.
Contoh sebuah CPU dalam kemasan Ball Grid Array (BGA) ditampilkan terbalik dengan menunjukkan kaki-kakinya.
Dalam arsitektur von Neumann yang asli, ia menjelaskan sebuah Unit Aritmatika dan Logika, dan sebuah Unit Kontrol. Dalam komputer-komputer modern, kedua unit ini terletak dalam satu sirkuit terpadu (IC - Integrated Circuit), yang biasanya disebut CPU (Central Processing Unit).
Unit Aritmatika dan Logika, atau Arithmetic Logic Unit (ALU), adalah alat yang melakukan pelaksanaan dasar seperti pelaksanaan aritmatika (tambahan, pengurangan, dan semacamnya), pelaksanaan logis (AND, OR, NOT), dan pelaksanaan perbandingan (misalnya, membandingkan isi sebanyak dua slot untuk kesetaraan). Pada unit inilah dilakukan "kerja" yang nyata.
Unit kontrol menyimpan perintah sekarang yang dilakukan oleh komputer, memerintahkan ALU untuk melaksanaan dan mendapat kembali informasi (dari memori) yang diperlukan untuk melaksanakan perintah itu, dan memindahkan kembali hasil ke lokasi memori yang sesuai. Sekali yang terjadi, unit kontrol pergi ke perintah berikutnya (biasanya ditempatkan di slot berikutnya, kecuali kalau perintah itu adalah perintah lompatan yang memberitahukan kepada komputer bahwa perintah berikutnya ditempatkan di lokasi lain).
 
  • input dan hasil
I/O membolehkan komputer mendapatkan informasi dari dunia luar, dan menaruh hasil kerjanya di sana, dapat berbentuk fisik (hardcopy) atau non fisik (softcopy). Ada berbagai macam alat I/O, dari yang akrab keyboard, monitor dan disk drive, ke yang lebih tidak biasa seperti webcam (kamera web, printer, scanner, dan sebagainya.
Yang dimiliki oleh semua alat masukan biasa ialah bahwa mereka meng-encode (mengubah) informasi dari suatu macam ke dalam data yang bisa diolah lebih lanjut oleh sistem komputer digital. Alat output, men-decode data ke dalam informasi yang bisa dimengerti oleh pemakai komputer. Dalam pengertian ini, sistem komputer digital adalah contoh sistem pengolah data.


  •  instruksi
Perintah yang dibicarakan di atas bukan perintah seperti bahasa manusiawi. Komputer hanya mempunyai dalam jumlah terbatas perintah sederhana yang dirumuskan dengan baik. Perintah biasa yang dipahami kebanyakan komputer ialah "menyalin isi sel 123, dan tempat tiruan di sel 456", "menambahkan isi sel 666 ke sel 042, dan tempat akibat di sel 013", dan "jika isi sel 999 adalah 0, perintah berikutnya anda di sel 345".
Instruksi diwakili dalam komputer sebagai nomor - kode untuk "menyalin" mungkin menjadi 001, misalnya. Suatu himpunan perintah khusus yang didukung oleh komputer tertentu diketahui sebagai bahasa mesin komputer. Dalam praktiknya, orang biasanya tidak menulis perintah untuk komputer secara langsung di bahasa mesin tetapi memakai bahasa pemrograman "tingkat tinggi" yang kemudian diterjemahkan ke dalam bahasa mesin secara otomatis oleh program komputer khusus (interpreter dan kompiler). Beberapa bahasa pemrograman berhubungan erat dengan bahasa mesin, seperti assembler (bahasa tingkat rendah); di sisi lain, bahasa seperti Prolog didasarkan pada prinsip abstrak yang jauh dari detail pelaksanaan sebenarnya oleh mesin (bahasa tingkat tinggi)


  • arsitektur
Komputer kontemporer menaruh ALU dan unit kontrol ke dalam satu sirkuit terpadu yang dikenal sebagai Central Processing Unit atau CPU. Biasanya, memori komputer ditempatkan di atas beberapa sirkuit terpadu yang kecil dekat CPU. Alat yang menempati sebagian besar ruangan dalam komputer adalah ancilliary sistem (misalnya, untuk menyediakan tenaga listrik) atau alat I/O.
Beberapa komputer yang lebih besar berbeda dari model di atas di satu hal utama - mereka mempunyai beberapa CPU dan unit kontrol yang bekerja secara bersamaan. Terlebih lagi, beberapa komputer, yang dipakai sebagian besar untuk maksud penelitian dan perkomputeran ilmiah, sudah berbeda secara signifikan dari model di atas, tetapi mereka sudah menemukan sedikit penggunaan komersial.
Fungsi dari komputer secara prinsip sebenarnya cukup sederhana. Komputer mencapai perintah dan data dari memorinya. Perintah dilakukan, hasil disimpan, dan perintah berikutnya dicapai. Prosedur ini berulang sampai komputer dimatikan.
  
  • program
Program komputer adalah daftar besar perintah untuk dilakukan oleh komputer, barangkali dengan data di dalam tabel. Banyak program komputer berisi jutaan perintah, dan banyak dari perintah itu dilakukan berulang kali. Sebuah komputer pribadi modern yang umum (pada tahun 2003) bisa melakukan sekitar 2-3 milyar perintah dalam sedetik. Komputer tidak mendapat kemampuan luar biasa mereka lewat kemampuan untuk melakukan perintah kompleks. Tetapi, mereka melakukan jutaan perintah sederhana yang diatur oleh orang pandai, "programmer." "Programmer Baik memperkembangkan set-set perintah untuk melakukan tugas biasa (misalnya, menggambar titik di layar) dan lalu membuat set-set perintah itu tersedia kepada programmer lain." Dewasa ini, kebanyakan komputer kelihatannya melakukan beberapa program sekaligus. Ini biasanya diserahkan ke sebagai multitasking. Pada kenyataannya, CPU melakukan perintah dari satu program, kemudian setelah beberapa saat, CPU beralih ke program kedua dan melakukan beberapa perintahnya. Jarak waktu yang kecil ini sering diserahkan ke sebagai irisan waktu (time-slice). Ini menimbulkan khayal program lipat ganda yang dilakukan secara bersamaan dengan memberikan waktu CPU di antara program. Ini mirip bagaimana film adalah rangkaian kilat saja masih membingkaikan. Sistem operasi adalah program yang biasanya menguasai kali ini membagikan.


  • sistem opersi
Sistem operasi ialah semacam gabungan dari potongan kode yang berguna. Ketika semacam kode komputer dapat dipakai secara bersama oleh beraneka-macam program komputer, setelah bertahun-tahun, programer akhirnya menmindahkannya ke dalam sistem operasi.
Sistem operasi, menentukan program yang mana dijalankan, kapan, dan alat yang mana (seperti memori atau I/O) yang mereka gunakan. Sistem operasi juga memberikan servis kepada program lain, seperti kode (driver) yang membolehkan programer untuk menulis program untuk suatu mesin tanpa perlu mengetahui detail dari semua alat elektronik yang terhubung.

2.3  Kecepatan proses :
        Clock : Hertz
        Siklus mesin :Fetch, decode, execute
        MIPS (Millions of Instructions Per Second)
        MFLOATS (Millions of Floating point Per Second)

2.4  Faktor yang mempengaruhi kecepatan proses
1.      -Register
 menyimpan instruksi selama proses berjalan, ukuran sesuai dengan jumlah data yang dapat diproses dalam saty waktu (Reg ukuran 32 bit berarti dapat memproses 4 byte data dalam satuan waktu
2.      -RAM
 semakin besar RAM maka semakin banyak data yang disimpan sehingga akses ke data lebih cepat (dibandingkan dengan mengakses ke Secondary Storage). Jika ukuran aplikasi besar dan tidak cukup untuk diload sekalian ke dalam memori maka dilakukan proses segmentasi dan swapping (pemindahan data dari memory ke storage)
3.      -CPU clock
 semakin tinggi clock CPU maka semakin cepat / semakin banyak perintah yang dapat dieksekusi
4.      -Bus / datapath
 menentukan besarnya data yang dapat ditransmisikan antara CPU dan device yang lain. ( seperti jalan raya)
5.      -Cache memory
semakin cepat, dan besar cache maka proses akan menjadi lebih cepat







BAB III
PENUTUP



3.1  Kesimpulan


Ada tiga pokok dalam siklus pengolahan data dengan menggunakan komputer tersebut, yaitu input, proses, dan output .
Cara kerja computer diantaranya meliputi, memory, pemrosesan, input dan hasil, arsitektur , program dan system operasi.
Ada banyak faktor yang mempengaruhi kecepatan pemrosesan data antara lain: register, CPU clock, RAM, cache memory, bus/data path


3.2  Referensi

·         http://tjokorda.blog.ittelkom.ac.id/
·         http://id.answers.yahoo.com/

Kegiatan Bisnis di Indonesia



Perkembangan bisnis di Indonesia


Kegiatan bisnis di indonesia di awali setelah kemerdekaan. Melihat banyak peluang untuk memanfaatkan sumberdaya yang ada,  para investor asing masuk ke indonesia dan membuat infrastruktur serta fasilitas manufaktur untuk penunjang eksport atau pun pasar domestik.  Kebanyakan investor berasal dari cina, tetapi investor ini kebanyakan masuk dalam bisnis yang terbilang tidak besar tetapi ada pula sebagian yang memiliki modal membangun bisnis yang besar.

Kegiatan bisnis di indonesia  semakin lama semakin meningkat, tetapi semenjak terjadinya krisis moneter pada tahun 1997-1998 investor yang tadinya menanamkan modal besar di Indonesia menghentikan kerjasamanya dan lebih memilih menanamkan modalnya di negara-negara tetangga. Itu semua terjadi karena kepemimpinan presiden pada waktu itu di nilai tidak baik sampai akhirnya negar memiliki hutang yang sagat besar sampai sekarang, dan presiden pun langsung di turunkan dari jabatannya oleh rakyat.

Bisnis yang berkembang di Indonesia sekarang ini  sudah cukup banyak dan maju.  Dalam menjalankan bisnis di Indonesia sangatlah mudah terutama dalam usaha mikro seperti usaha loundry, warung makan, warnet, maupun pedagang kaki lima.  Dalam usaha kecil-kecilan ini tidak diperlukan modal yang besar dengan skill tertentu, tetapi dengan modal seadanya kita dapat membuat usaha contohnya saja hanya bermodalkan tenda, karpet, dan sebuah kompor kita bisa meraih keuntungan.

Bisnis apapun di Indonesia   pasti dapat menghasilkan tidak seperti di Amerika ataupun negara maju lainya yang setiap usaha baik usaha mikro maupun usaha makro harus membutuhkan license tanpa license khusus dalam menjalankan usaha tidak sah dan dapat dikenakan denda yang sangat besar, biasanya pemerintah mengadakan inspeksi-inspeksi khusus untuk menertibkan para pembuka usaha yang melanggar.   Banyak peluang bisnis mikro di Indonesia dengan resiko kerugian yang kecil.

Sedangkan dalam usaha makro di Indonesia mengalami perkembangan yang sangat pesat. Bisa kita lihat keberhasilan PT. Bakrie Group dalam mengembangkan usahanya dan menjadikan Aburizal Bakrie  sebagai orang terkaya versi majalah Forbes Asia.

Menurut pengamat tanah air Felix ,  kecerdikan Bakrie membuka peluang pasar. Bisnis yang digeluti Bakrie adalah bisnis yang menjanjikan di masa yang akan datang seperti sektor energi dan telekomunikasi. Contoh lainya adalah bisnis seluler memiliki prospect yang baik dan pangsa pasar yang menjanjikan di Indonesia dengan keuntungan yang besar. Menurut Rinaldi pendapatan telkom dari bisnis seluler terbilang luar biasa apalagi dengan persaingan antara operator yang dirasa semakin berat dalam satu triwulan telkom membukukan pendapatan yang signifikan sebesar 15 triliyun rupiah. Menurut hasil survey Pyramid research forecast asia tahun 2002 pengguna prabayar sejumlah 83% dan sisanya 17% pengguna pascabayar

Kecendrungan masyarakat indonesia yang konsumerisme dapat menjadikan pengusaha-pengusaha memperoleh keuntungan yang maksimal. Tetapi hanya pembuka usaha yang memiliki dedikasi tinggi dan tingkat kecerdasan membaca peluang usaha yang dapat bertahan dalam persaingan bisnis di indonesia. Biasanya para pengusaha seperti pengusaha bisnis seluler menggunakan trik-trik khusus dalam menggaet konsumen yang sering dilakukan adalah strategi memfokuskan tarif operator sebagai daya tarik.Yang penting hanya skill, kejujuran, keuletan dalam menjalankan usaha menurut  Petrus Puspo Sutopo pemilik wiralaba Mie-Kita yang membangun bisnis ini dengan menggunakan sistem yang kuat katanya.

contoh lain yang dapat di ambil adalah kegiatan bisnis di bidang  kendaraan bermotor. Kendaraan bermotor yang ada di Indonesia ini kebanyakan berasal dari negeri sakura Jepang. Banyak sekali merk kendaraan mobil,motor, dan kendaraan berat lainnya berasal dari sana, misalnya SUZUKI,YAMAHA,HONDA,KAWASAKI. Tapi tidak hanya dari jepang ada pula perusahaan otomotif dari negara lain yang memasarkan produknya di Indonesia, seperti Korea, Cina, sampai Amerika dan Eropa yang menjual mobil-mobil sport mahal.

Para pebisnis berani bersaing dengan negara lain maupun negara Indonesia karena mereka menganggap bakal meraih keuntungan yang cukup besar, hal itu disebabkan karena permintaan dari masyarakat yang juga meningkat. Masyarakat sekarang lebih memilih menggunakan kendaraan motor untuk mempermudah atau mempercepat waktu sampai tujuan padahal dengan banyaknya kendaraan bermotor menyebabkan permasalahan bagi kita yaitu kemacetan dan polusi udara.

Tidak hanya di dunia kendaraan bermotor saja yang cukup maju tetapi juga di dunia internet, sekarang banyak para pebisnis yang menjual berbagai produk atau barang yang mereka tawarkan di internet atau di situs jejaring sosial seperti facebook. Para pelaku bisnis pun tidak hanya orangtua atau mereka yang sudah bekerja saja tapi remaja pun juga memulai usaha kecil-kecilan karena adanya peluang berbisnis.